Rabu, 24 Oktober 2018

[STORY] Bongkar Rahasia sebagai Blogger/ Vlogger? TEMUKAN JAWABANNYA DISINI!

Yuhuu, apa kabar semuanya?

FOLLOW ME :

[Instagram] @alindaaa29

[Facebook] Alinda Tadyani


[Youtube Channel] Beatrix Alinda

Kali ini bakal ada yang beda dari postingan blog ku nih karena aku pengen sharing ke kalian semua Behind The Scene Blogger/Vlogger ala Alinda. Jadi, selama ini kalian cuma tahu senangnya menjadi blogger/vlogger aja kan? Nah, aku mau berbagi cerita nih sekalian buka-bukaan rahasia aku biar foto-foto di blog/ instagram serta video di youtube itu bisa bagus, kayak gimana sih?




Pengen tahu gak sih?

So, kali ini aku join Post Collaboration bareng teman teman yang tergabung di BeautyGoersID. Nah, tema yang diberikan adalah Behind The Scene seorang Blogger/ Vlogger. Sempat bingung sih mau cerita apa, apakah aku harus bongkar rahasia? Hihihi 👀😝

Daripada nunggu kelamaan, cuss let's go!


* BEHIND THE SCENE BLOGGER *

Nah, pertama aku bakal sharing tentang "Behind The Scene" aku dalam menulis blog. Sebenarnya kalau nulis blog gak terlalu banyak cerita seru di balik menulis sih, tapi disini aku akan cerita apa aja yang aku alami sampai tulisan di blog aku ini bisa tersampaikan hihi. Menjadi seorang blogger itu tidaklah mudah loh! Apalagi, kalau kalian selain blogger,juga merupakan pekerja kantor yang setiap hari bekerja dari pagi sampai sore. Menulis blog itu membutuhkan ide kreativitas, konsentrasi serta yang gak kalah penting adalah foto-foto. Why? Karena blog yang cuma hanya tulisan aja rasanya hambar kalau gak ada fotonya. Iya gak sih? Blogger itu kalau enggak ada ide kreativitas serta konsentrasi dalam membuat kalimat demi kalimat, pasti bakal bikin pembaca nya bingung dengan apa yang ditulis blogger itu sendiri.



Menurut kalian, dalam menulis blog apa sih suka duka nya? Jadi, buat aku pribadi... Menulis blog itu susah nya kalau pas lagi gak ada mood dan kerjaan di kantor numpuk :'( Gak ada waktu buat nulis gitu rasanya, kadang aja 1 topik bisa diselesaikan dalam waktu seminggu loh!! Hahahaha. Trus, selain nulis kan pasti foto foto produk/ hal yang mesti ditaruh di blog juga kan, nah kadang udah ada ide nulis eh fotonya yang belum ada wkwkwk. Itu tadi duka nya, sekarang bahas suka nya ya, kalau senang nya nulis blog itu passion/ bakat kita bisa tersampaikan deh melalui blog, selain itu kata kata yang mungkin tersimpan di dalam hati yang kita gak mampu mengucapkannya, akan terucap jelas dalam blog loh bisa kamu cerota/sharing curhat atau bisa juga dikiaskan menjadi cerita/novel/puisi gitu. Oya, 2 foto diatas merupakan foto yang aku taruh di header dan footer blog ini loh! Yang pada nanya, itu buatnya dimana... Aku buat 2 foto itu di canva.com disana banyak banget loh desainnya, makanya aku seneng ngedit foto untuk desain blog ku di canva.

Foto di bawah ini aku juga edit di canva, foto ini biasanya aku taruh di bagian akhir setiap topik pembahasan ku, supaya kalian selalu mengenal aku tiap kali baca tulisan apapun di blog ini. Hihihi


Hmm, soal foto- foto produk yang ada di blog ku, aku gak terlalu pandai loh bikin flatlay. Aku juga bukan tipe orang yang harus foto pakai kamera besar juga, kadang kalau cuaca  mendukung, aku lebih suka motret pakai handphone yang aku punya aja. Sedangkan untuk nuansa & backgroundnya, aku hanya mengandalkan apa saja yang ada di sekitar ku, contohnya ada di bawah ini ya:


Untuk foto produk kalau pas siang gitu, aku biasanya foto di luar rumah dengan nuansa alam supaya memberikan kesan fresh pada objek fotonya, apalagi objek yang kecil atau berwarna coklat & kuning aku suka memadukan warna mereka dengan alam sehingga hasil fotonya lebih hidup. Btw, ini aku ambil fotonya pakai KAMERA OPPO F5 yah!

Untuk product on hand, biasanya aku menggunakan background dinding di bagian luar rumah yang memiliki tekstur supaya objek terlihat lebih hidup dan gak terlalu kaku serta gak terlalu mencondongkan backgroundnya aja gitu 




Kalau soal edit mengedit foto di blog, aku biasanya pakai aplikasi meitu yang ada di handphone, dulu sih pakai photogrid, tapi karena sekarang ada yang lebih canggih dengan memberikan filter yang cantik, aku memutuskan lebih sering pakai aplikasi meitu.


Nah gaes, untuk foto produk kalian juga bisa memanfaatkan alam di sekitar yaitu batang pohon agar tampilan foto produknya gak biasa biasa aja. 


Kalian tahu gak background foto ini tuh pakai apa? Hihi. Ini tuh aku motret nya diatas meja setrika dengan background nya kain sprei gitu. Percaya gak sih? 


Nah, ini kalau buat menunjukkan shade dari lipcream/lipstick, background nya biasa aku pakai kayak korden gitu yang gak ada motifnya alias polos gitu 


Jadi, beberapa hari ini pas mau motret ala flatlay gitu, aku kepikiran untuk memakai kertas hiasan gini, biasanya aku dapetin dari kotak kotak hadiah. Lumayan mempercantik foto produk deh 


Selain kertas kertas nya, kalian juga bisa pakai kotak bekas pembungkus hadiah untuk motret produk loh! Seperti yang kalian bisa lihat di foto ini 


Oya, ada yang lupa nih, kalian pasti juga bertanya- tanya kan, kalau foto swatches itu biasanya aku pakai background apa? Ini dia jawaban nya... Aku cuma pakai background dinding putih di ruang tamu aja kok. Kenapa aku pakai dinding putih, supaya waktu mengeditnya gak terlalu susah gitu, karena aku mau bikin fotonya juga putih.


Setelah aku foto seperti ini, aku langsung edit di meitu supaya background nya lebih terlihat bagus untuk di posting, jadi aku kasi warna background putih ini aja. 



* BEHIND THE SCENE VLOGGER *

Wadawww, bahasan nya sudah menuju "Behind The Scene" seorang vlogger nih Hahaha. Kalau bikin video itu banyak banget euy rintangan nya, seriusan! Tapi sih mood juga merupakan salah satu rintangan buat aku pas bikin video, kayak misalnya nih ya, pas di tengah- tengah lagi filming, tiba tiba ada yang bkin mood ku bete, langsung deh ga niat lagi bikin video :'( Ya, gimana ya, namanya mood udah down kalau mau naikin lagi rasanya susah jadi ya udah filming nya agak ga bagus wkwk. Tapi, makin hari karena makin seringnya aku filming, bisa bikin aku semakin tahu juga sih bagaimana mengatasi mood down saat filming.

Btw, kalian tahu gak sih... Nih, aku mau bongkar rahasia hahaha.. Yang walaupun sebenarnya aku sendiri agak malu sih ceritanya, but okelah gak ada salahnya aku cerita supaya temen- temen semua yang juga memiliki peralatan filming terbatas seperti aku, bisa bermanfaat juga cerita ku.. Aku tu filming ga pake kamera loh! Aku cuma pake kamera handphone aku aja. Jadi, banyak yang beranggapan bahwa aku filming menggunakan kamera, iya aku memang punya kamera tapi karena aku belum terlalu yakin untuk bikin video dengan kamera ku, aku memutuskan untuk menggunakan handphone saja untuk membuat video, karena selain gampang untuk pause dan nyalain lagi, file nya juga gak terlalu besar dan langsung dengan cepat bisa mengeditnya di handphone juga dengan menggunakan aplikasi edit video yang ada di handphone. Kebetulan handphone aku kamera depan nya cukup bagus untuk membuat video, paling biasanya aku mengusahakan lightingnya aja sih supaya hasilnya gak pecah dan tetap bagus saat video dibuka melalui laptop/ komputer. Aplikasi yang aku gunakan untuk mengedit video adalah aplikasi inshot, biasanya aku edit disana karena musiknya banyak dan gak ada watermark aplikasinya, walaupoun kadang- kadang kalau videonya kepanjangan jadi agak macet macet gitu sih.

Kalian tahu gak sih???? Hal terberat aku selama bikin video itu ketika ada suara suara yang tidak diinginkan tiba tiba mengganggu konsentrasi dan mood kita selama bikin video. Eittss... Bukan suara suara yang aneh aneh loh ya, kalo yang aneh aneh mah udah takut duluan aku hahaha. So, karena kamar ku itu cat nya pink jadi ga memungkinkan untuk membuat video di dalam kamar karena pencahayaan nya akan jelek. Oleh karena itu, kalau filming pasti aku di ruang tamu. And, kalian pasti bisa menebak donk, kalau di ruang tamu itu akan ada suara suara apa? Yas! Benar sekali! Suara suara dari luar rumah, seperti: suara motor/ mobil, suara orang lagi ngobrol, dan suara binatang....


Disini lah aku membuat video nya, background nya putih karena dinding ruang tamu di cat putih jadi bisa lah jadi tempat untuk membuat video.

Erhmm.... Yang nanya lagi, pakai kamera apa? lightingnya gimana kok bagus? Aku bongkar sekarang Hahahaha


Yeahhh, tumpukan kotak kotak ini yang membuat posisi handphone bisa senada dengan aku yang posisi dalam membuat videonya itu duduk. Jadi, supaya mengimbangi posisi ku, aku menaruh kotak kotak ini diatas meja setrika. Upsss.. Meja setrika? Iya gaes, jadi selama ini aku membuat video itu untuk menaruh handphone dan peralatan makeup ku ya disini, di meja setrika. Sebenarnya, ada sih meja tapi tempatnya kayak gak cukup gitu, otomatis aku pakai meja setrika yang memang posisinya udah tepat gitu rasanya.


Ini dia posisi ternyaman ku selama membuat video, dengan kotak tumpuk 2 (dua) terus diatas kotak iutulah aku taruh handphone aku, jadi kalau misalnya kurang dekat, tinggal dimajuin aja kotak nya atau meja setrika nya, dengan posisi handphone yang selalu ada diatas kotak tersebut.  


Taraaa.... Ini dia tampilan aku kalau lagi membuat video. Terlihat jelas kan ini tuh backgroundnya tembok putih gitu. Aku sih lebih sering memanfaatkan kotak kotak bekas pembungkus hadiah sebagai tatakan handphone supaya bisa berdiri menyesuaikan aku dan gak hanya keliatan wajahnya aja. Nih, buat kalian yang merasa bingung gimana membuat video dengan cara yang sederhana, kalian bisa melakukan ini, cari aja meja yang agak tinggi terus cari kotak kotak yang banyak untuk tatakan handphone kalian, terus langsung bikin video deh. Simple, mudah dan hemat banget kan?


*** Trus lighting nya gimana?




So, ini dia 3 (tiga) lampu yang menjadi lighting ku dalam membuat sebuah foto maupun bikin video. Aku memang gak pakai ringlight gaes, karena aku juga belum punya ringlight nya. Jadi, sederhana aja sih, aku memanfaatkan 2 (dua) lampu yang terpasang di ruang tamu dan 1 (satu) emergency lamp supaya mendapatkan cahaya yang terang walaupun di siang atau malam hari, dan hasil foto atau videonya bagus dan gak buram. Hihihi, ternyata bisa mengecoh kalian ya, karena beberapa orang yang kenal aku mikirnya selama ini aku kalau foto dan video itu pakai kamera aja, ternyata ini dia aslinya! Cuma pakai handphone tapi aku kasi pencahayaan yang terang biar hasilnya terlihat seperti menggunakan kamera gitu 



* THE END *




Yass!! Itu tadi cerita aku seputar behind the scene ku sebagai blogger/ vlogger yang aku jalani dari semenjak awal Januari 2018 sampai sekarang. Semoga ceritanya enggak membosankan dan siapa tahu bisa bermanfaat juga buat pembaca semua. Intinya, jangan takut untuk mengejar mimpi kita walaupun dengan peralatan yang terbatas. Aku aja bisa kok, aku yakin kalian juga bisa! Mulai dulu dengan hal hal yang sederhana, kalau kamu sudah punya percaya diri yang lebih tingkatkan dan terus tingkatkan, pasti bisa ❤

Kira kira nih dari cerita aku ini, ada yang ingin kalian tanyakan lagi gak perihal behind the scene atau apa aja dibalik foto dan video aku? Langsung comment pertanyaan kalian yak! Aku tunggu dan aku bakal jawab satu persatu :)

Oya...
Btw, aku penasaran loh sama cerita BTS nya temen aku juga nih, kira kira bakal gokil juga gak ya ceritanya? Behind The Scene dia sebagai blogger/ vlogger seperti apa ya? Intip yuk cerita serunya kak Lita Rianti [KLIK]





Uppss.... aku kasi bonus foto dluss ahh
biar kalian ga bosen baca blog ku Hihi 😝









MORE INFO ABOUT BEAUTYGOERS :

[Facebook] Beautygoers FB

[Twitter] @Beautygoers

[Blog] Beautygoers

[Instagram] @Beautygoers

[Youtube Channel] Beautygoers YT









Sekian..... Terima Kasih sudah membaca hari ini....








19 komentar:

  1. Waass aku juga punya meitu ni d hape...tp belom paham makenya. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meitu cocok banget sih kakk kalau lagi males ngedit di photoshop haha

      Hapus
    2. Walaaah itu lagi...edit ke PSD males bingoooo...wkwkwkk. dasar aku tuuuuh

      Hapus
  2. Samaaa aku juga gak pake ringlight, aku malah cuma pake lampu belajar hihi

    BalasHapus
  3. Dibalik sebuah foto yang indah ya kan bebs. . Bts nya bermanfaat banget, buat jd bahan pembelajaran..

    BalasHapus
  4. Kalo aku pake lampu yg panjang itu berjejer tiga, bekas lampu sablon punya adek hehe

    BalasHapus
  5. I can relate so much soal jadi blogger! Ada ide buat nulis, lupa belum foto produk, and vice versa. Mana aku strict buat blog aku sendiri harus selalu foto pake DSLR dan mostly diedit pake Photoshop :( Kadang suka males tapi jadi therapy juga karena ngedit foto termasuk me-time buatku hihi. Pokoknya selalu there's more than just meets the eye lah buat tiap blogger.

    https://navartierre.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Bts kamu bermanfaat banget bebs, baru tau aku sama canva.com

    BalasHapus
  7. Aku paling suka baca behind the scenes gini. Berasa curhat aja wkwk bahwa jadi blogger atau vlogger itu ga mudah.

    BalasHapus
  8. Waaaah kereeen ini siy beb... pake dus gitu masih bisa kreatif. Btw aku juga kok untuk blogger n vlogger masih menggunakan kamera hp niy.. hehehe.

    BalasHapus
  9. Aku dapat inspirasi nih, pakai emergency lamp sebagai pengganti ring light 👌

    BalasHapus
  10. Ihh aku baru denger apk meitu 😂😂 auto donlod ini mah.. Nice sharing beb 😍

    BalasHapus
  11. aku juga pakai tumpukan kardus kalo mejanya kurang tinggi wkwk 😂

    BalasHapus
  12. aku pakai ringlight yang handmade, hasilnya ga rapi sih tapi masih bisa dipake haha

    BalasHapus
  13. kalo BTS aku paling suka belepotan kalo ngomong, bisa take berkali” untuk ngomongin hal yg sama haha

    BalasHapus
  14. Wah samaan nih hehe aku juga ngandalin canva utk edit2

    BalasHapus
  15. Wah aku paling takjub yang meja setrika dikasi sprei. Pengen nyoba tapi sprei ku warnanya ga ada yang netral kayaknya hahahahhahaha thank you so much for sharing yah beb aku jadi blajar beberapa trick baru untuk motoin produk 😍

    BalasHapus
  16. aku kalo abis bikin konten, foto maupun video rumah pasti langsung berantakan hahaha

    BalasHapus
  17. Wah ceritanya benar benar inspirasi banget ya, jadi memotivasi aku buat semangat

    BalasHapus